Follow This Blog

Sabtu, 28 Agustus 2010

Ruang baca dan perpustakaan pribadi


Perpustakaan pribadi di dalam rumah akan menjadi nilai tambah bagi rumah dan tentunya membuat tamu dan penghuni rumah lebih betah berlama-lama di rumah. Posisi perpustakaan pribadi dalam rumah biasanya berada di dekat ruang tamu atau dekat dengan rumah tidur. Bagi mereka yang senang berbagi koleksi bukunya dengan tamu akan memilih lokasi yang dekat dengan ruang tamu, sementara mereka yang cenderung lebih menyukai privasi akan memilih perpustakaan yang dekat dengan kamar tidur utama.

Pembangunan perpustakaan pribadi juga hendaknya memperhatikan beberapa hal penting seputar fungsionalitas perpustakaan dan bagaimana menjaga koleksi buku agar awet dan tahan lama. Berikut beberapa tips seputar pembangunan perpustakaan pribadi dalam rumah:

Jauh dari dapur, lokasi perpustakaan sebaiknya jauh dari dapur. Lokasi yang jauh dari dapur untuk mencegah asap dari dapur dan membuat suasana perpustakaan menjadi sumpek dan pengap.

Jauh dari kamar mandi, udara lembab yang berasal dari kamar mandi sebaiknya dihindari. Udara lembab dapat merusak buku dan menyebabkan buku lapuk.

Hindari sinar matahari langsung, perpustakaan sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari langsung dapat membuat halaman buku menjadi kuning dan rusak.

Perhatikan sirkulasi udara, untuk mencegah udara dalam perpustakaan menjadi lembab maka sirkulasi udara masuk dan keluar dalam perpustakaan harus diperhatikan. Posisi jendela dan penggunaan AC (air conditioner) dapat membantu mengurangi kelembaban dan mengatur sirkulasi udara dalam perpustakaan

Awasi rayap dan hama, gunakan obat anti rayap pada rak kayu dan jangan biarkan ruang kosong antar buku. Hal ini untuk menghindari rayap dan tikus atau hama lain yang dapat bersembunyi di perpustakaan anda.

Bersihkan dari debu, selalu rutin bersihkan perpustakaan pribadi anda dari debu dengan kemoceng atau vacuum cleaner.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More